Persiapan dalam Mendaftar Beasiswa LPDP Afirmasi

Assalamu’alaykum Wr. Wb

Salam Semangat

Beasiswa LPDP sedang dibuka dan semua orang berlomba  mendaftarkan dirinya untuk menjadi bagian dari LPDP.  Tidak seperti tahun sebelumnya, kali ini tim beasiswa LPDP akan memperketat proses seleksi. Sehingga untuk dapat lolos, setiap calon awardee perlu mempersiapkan dengan serius apa yang menjadi kebutuhan dalam tahap pendaftaran. Beasiswa Afirmasi dibagi menjadi 3 kategori yaitu afirmasi jalur bidik misi dan miskin berprestasi, prestasi nasional / internasional, dan 3 T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

Berikut informasi tentang persiapan bagi anda yang ingin mendaftar beasiswa LPDP afirmasi :

  1. Persiapan Berkas

Setelah anda membuat akun dan sebelum mensubmit data di website LPDP, persiapkan dengan benar semua berkas yang dibutuhkan. Berkas yang diperlukan untuk pendaftar LPDP Afirmasi sedikit berbeda dari pendaftar jalur regular karena ada berkas khusus yang di minta antara lain :

Jalur Bidikmisi dan Miskin Berprestasi

  • Fotokopi transkip ijasah S1 minimal nilai IPK 3,50
  • Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan
  • Rekening listrik 3 bulan terakhir yang ditanda tangani di atas materai 6000

Jalur Prestasi Nasional / Internasional

Prestasi yang dapat didaftarkan yaitu di bidang Olimpiade Sains, Teknologi, Olah Raga, dan Seni/ Budaya. Semua prestasi dibuktikan dengan sertifikat.

3 T

  • Fotokopy dan legalisir semua ijazah SD, SMP, SMA yang berasal dari daerah 3 T. Daftar daerah 3 T bisa di lihat di sini
  • Bukti surat pernah mengabdi di daerah 3 T dari Kelurahan atau tokoh penting yang ada di daerah tersebut
  1. Pembuatan Essay

Essay yang menjadi persyaratan umum dalam LPDP yaitu tersusun atas minimal 500 dan maksimal 700 kata. Tema di buat dalam 3 item yaitu tentang Pengabdian yang Sudah dan akan dilakukan Untuk Indonesia, Sukses Terbesar dalam Hidup, dan  Rencana Studi.

Untuk Afirmasi daerah 3 T, poin penting yang harus ditekankan dalam essay adalah pengabdian apa yang akan anda lakukan untuk daerah asal. Sebagai contoh Masrista berasal dari Sanggau dan kuliah di bidang kesehatan, maka Masrista harus membuat rencana program pembangunan untuk Kota Sanggau di bidang kesehatan.

  1. Menghadapi Wawancara

Sebenarnya tidak ada persiapan khusus dalam sesi wawancara. Menurut Masrista anda hanya butuh menguasai essay dan tenaga agar siap menghadapi pertanyaan dari interviewer. Biarkan saja semua berjalan natural dan cukup berbicara apa adanya. Saran Masrista jangan sekali-kali melakukan kebohongan dalam menjawab pertanyaan, karena Psikolog dapat mengenal jika anda berbohong.

  1. Berdoa

Setelah semua persiapan dan usaha sudah dilakukan, maka cara yang terbaik selanjutnya adalah berdoa. Selain berdoa, upayakan juga untuk selalu bersedekah agar Tuhan Yang Maha Esa memberikan kelancaran dan kemudahan pada semua proses. Karena sehebat apapun anda, jika anda lupa dengan Sang Pencipta semua perjuangan akan sia-sia, bagi yang Muslim biasakan untuk selalu memulai dengan Basmallah dan di akhiri dengan Hamdallah, sementara bagi yang non muslim lakukan sesuai dengan cara agama masing-masing.

  1. Apa yang Menyebabkan Pendaftar Tidak Lolos Seleksi

Tidak bisa dipastikan hal apa yang menyebabkan seorang pendaftar gagal dalam seleksi. Namun dari informasi yang diperoleh bahwa ketidaksesuaian data pelamar menjadi alasan utamanya.

Views – 4

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s