Berpetualang ke Dolandeso Jogjakarta

from #UpdateBlog http://ift.tt/1YV7EIt
Foto bareng di penutupan acara

Assalamu’alaykum Wr. Wb

Salam Semangat,

Yogjakarta menjadi salah satu kota wisata di Indonesia. Pernah terbesit di telinga Masrista, ucapan dari salah seorang sahabat ,”TInggal di Jogja, kalau sudah main-main ke tempat wisata nya di jamin ketagihan dan gak mau pulang dari Yogya”. Pernyataan itu seolah memberikan pesan tersirat kepada Masrista bahwa Masrista akan sulit melupakan semua kenangan yang ada di Kota Yogyakarta.

Secara pribadi, Masrista sendiri merasa belum berkunjung lebih jauh ke semua lokasi wisata yang ada di Yogyakarta. Salah satu nya yang paling populer yaitu : Wisata Gunung Kidul. Menurut cerita masyarakat setempat, Gunung Kidul memiliki pemandangan laut, goa, dan air terjun yang sangat cantik. Hmmmm…. jadi penasaran, berharap suatu hari bisa berkunjung ke sana.

Oke, terlepas dari cerita tempat wisata yang ada di Yogya, Masrista kali ini akan bercerita seputar kegiatan wisata yang baru saja dilaksanakan bersama rekan Awardee LPDP yang mengikuti Trainning di LPPMP  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada hari Sabtu (23 April 2016). Kegiatan ini merupakan salah satu agenda yang disediakan oleh LPPMP sebagai bentuk refleksi untuk mengenal lebih jauh tentang Yogyakarta dalam sisi budaya, sekaligus refreshing bagi peserta trainning.

Kegiatan wisata di adakan dua kali selama pelatihan. Sebelumnya, kunjungan wisata dilaksanakan ke Keraton Yogyakarta  dan kali ini dilaksanakan di Dolandeso.

Dolandeso merupakan wahana di desa Kulon Progo Yogyakarta yang menyediakan aneka kegiatan Outbond dan Rafting.

Perjalanan ke lokasi dimulai pada pukul 07.00 WIB. Sebanyak 34 Awardee ditemani 5 Instruktor dari pihak LPPMP bertolak menggunakan Bus Pariwisata yang sudah di sewa sebelumnya. Selama diperjalanan semua terlihat senang dan bersemangat. Rute perjalanan ditempuh selama kurang lebih 2 jam. Jalan yang di lewati cukup ekstrim untuk kendaraan seukuran Bis Pariwisata karena rutenya berkelok-kelok. Nyaris saja Bis yang kita gunakan bertabrakan dengan Bis lain saat melewati tikungan. Semua sontak terkejut saat supir bus tiba-tiba rem mendadak. Namun, alhamdulilah tidak terjadi        apa-apa.

Setelah melewati jalan yang penuh rintangan, akhirnya kita tiba di lokasi pada pukul 09.00 WIB. Ada jalan lagi yang harus ditempuh untuk sampai ke Wahana Outbond, sayangnya bis tidak bisa masuk lewat jalan terlalu sempit. Maka dari itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih       200 m. Hal tersebut tidak menjadi masalah karena sekaligus kita dapat merasakan suasana pedesaan yang sejuk di sekitar jalan.

Sampai di wahana Outbond Dolandeso, kita disambut oleh tim penyelenggara. Seperti biasa setiap berkunjung ke suatu tempat , hal pertama yang Masrista cari adalah TOILET karena kebelet ingin buang air kecil… Hahaha.

Beberapa teman juga ada yang ikut ke Toilet dan sebagian lagi meletakkan barang bawaannya di pendopo yang sudah disediakan. Suasana di Dolandeso sudah disetting menyerupai suasana asli pedesaan.

Seperti namanya DolanDeso dalam bahasa Jawa berarti Permainan Desa. Maka dari itu, semua permainan yang akan dimainkan dalam outbond adalah permainan dari anak-anak desa. Selain itu, tersedia juga penginapan bagi pengunjung yang ingin tinggal sementara merasakan suasana desa Kulon Progo.

Sebelum memulai Outbond, kita di suguhkan dengan aneka makanan ringan, seperti Kacang rebus dan minuman teh hangat. Sambil menunggu kegiatan di mulai, Masrista mencoba mengambil gambar beberapa lokasi diantaranya kolam yang terdapat bunga Teratai.

Setelah 15 menit istirahat, kegiatan Outbond pun dimulai. Namun sebelumnya, tim panitia memberikan sedikit game ringan, yaitu : uji konsentrasi dan kekompakan. Game ringan diberikan selama kurang lebih 2 jam.

Tepat pukul 11.00 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian kelompok. Terdapat dua kelompok yang akan saling berkompetisi yaitu, kelompok satu diketuai oleh Cahyadin, Awardee LPDP asal Nusa Tenggara Barat (NTB) dan kelompok dua diketuai oleh All Kerans, Awardee LPDP asal Flores. Masrista sendiri masuk ke dalam kelompok 1 dengan nama kelompok “Laskar Hentak-Hentak Bumi”. Nama ini diambil dari Bahasa Malaysia yang artinya Pasukan Baris Berbaris. Masrista sebenarnya tidak paham kenapa diberi nama demikian? Hahaha… But Sudahlah, yang penting semua Happy.

Sementara kelompok 2 menamai kelompoknya dengan nama Badut. Nah, yang ini lebih unik lagi. Apa hubungannya badut dengan permainan outbond ? Wkwkwk

Kembali ke cerita,

Sebelum kompetisi dimulai, masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk memperlihatkan Yelyel nya. Di antara penampilan keduanya, kelompok yang paling heboh dan terlalu sombong adalah kelompok Masrista sendiri…. Hahaha. Tapi bagaimana hasil nya ? Simak terus cerita nya ya…

Pertunjukan Yelyel selesai dilanjutkan dengan kegiatan outbond. Game pertama yang dimainkan adalah memasukkan bola pingpong ke dalam sebuah lubang pada papan yang diseimbangkan oleh beberapa orang…. GImana ya jelasinnya ??? Apa kamu bingung membayangkannya ??? Hehehe. Sama, Masrista juga bingung dan lupa apa nama permainan itu. Permainan di mulai dan dalam waktu kurang lebih 2 menit, kelompok Masrista berhasil menjatuhkan bola pingpong ke dalam lubang tersebut, kemudian di susul kelompok Badut.

Permainan selanjutnya, yaitu menggunakan bola pingpong dan kelereng. Jika sebelumnya kita diminta untuk menjatuhkan bola ke dalam lubang, sekarang kita diminta untuk menjaga kelereng agar tidak masuk lubang dan hanya bola pingpong yang boleh masuk.

Setiap peserta di minta untuk tidak melihat ke mana arah bola dan kelereng bergerak. Artinya hanya ada satu anggota yang memberikan komando kepada teman-teman yang mengarahkan pergerakan bola dan kelereng. Selama kurang lebih 15 menit, kelompok Badut berhasil memenangkan game sementara selanjutnya di susul kelompok Masrista. “Yeiiiiyyyyy… berhasil !!!”, sorak anggota kelompok Badut saat memenangkan permainan.

Permainan kedua adalah menyelamatkan tawanan. Permainan ini dilakukan dengan memilih salah satu orang menjadi tawanan yang duduk di bawah pancuran air dan anggota lain harus menyelesaikan     teka-teki yang di buat panitia menggunakan susunan batang bambu. Apabila kelompok berhasil menyelesaikan tugasnya, maka tawanan boleh keluar dari area pancuran air tersebut.

Dalam waktu 5 menit, kelompok Badut kembali memenangkan game lebih dulu. Sementara, kelompok Masrista baru berhasil menyelesaikan game dalam waktu 10 menit. “Aaaaaaarrgghhhhh !!! “ teriak anggota kelompok kami (Leni) yang tersiram air karena belum terbebas dari status tawanan. Hahahaha !

Masih banyak permainan seru lainnya dalam arena outbond di Dolandeso dan mohon maaf karena Masrista tidak bisa jelaskan satu persatu. Kemudian, pada akhirnya hampir semua permainan dimenangkan oleh kelompok Badut.

Sementara kelompok Masrista harus menerima kekalahan yang sangat manis. Kenapa manis ? karena kelompok yang kalah harus di maskerin menggunakan tepung gula berwarna pink. Wkwkwkwk

Lebih jelasnya, Masrista sajikan foto-foto selama kegiatan.

Foto bareng sebelum menuju lokasi
Foto bareng sebelum menuju lokasi
Transportasi yang digunakan
Transportasi yang digunakan
Jalan kecil menuju wahana outbond
Jalan kecil menuju wahana outbond
Kolam yang terdapat bunga teratai
Kolam yang terdapat bunga teratai
Game ringan sebelum outbond
Game ringan sebelum outbond
Yelyel kelompok Badut
Yelyel kelompok Badut
Yelyel kelompok Hentak-hentak bumi (Kelompok Masrista)
Yelyel kelompok Hentak-hentak bumi (Kelompok Masrista)
Game memasukkan bola pingpong
Game memasukkan bola pingpong
Bentuk lain game memasukkan bola pingpong
Bentuk lain game memasukkan bola pingpong
Game membebaskan tawanan dengan memecahkan teka teki
Game membebaskan tawanan dengan memecahkan teka teki
Si Leni yang menjadi tawanan di kelompok Masrista
Si Leni yang menjadi tawanan di kelompok Masrista
Permainan enggrang menggunakan besi
Permainan enggrang menggunakan besi
Permainan memindahkan ember
Permainan memindahkan ember
Masker tepung berwarna pink
Masker tepung berwarna pink
Ready for Body Rafting.
Ready for Body Rafting.
Salah satu atraksi dalam body rafting
Salah satu atraksi dalam body rafting

IMG_0293

IMG_0314

Bermain game keseimbangan
Bermain game keseimbangan
Tim rescue
Tim rescue
Foto bareng di penutupan acara
Foto bareng di penutupan acara

 

 

Views – 30

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s